SEJARAH DESA SUMBERBERAS

  21 Desember 2017  |  DESA SUMBERBERAS

Asal mula nama sumberberas, adalah di wilayah Sendang wilayah dusun Krajan (sekarang berada di desa Wringinputih) inilah nama Sumberberas berasal, Menurut kejadian yang masih terjadi sampai sekarang, saat musim hujan air di sendang kadang meluber sampai ke jalan, dan musim kemarau panjang air di Sendang itu tidak pernah kering meskipun volumenya hanya sedikit, dan di situ airnya jernih sekali. Di Sendang itu sumber airnya mengeluarkan gelembung udara berwarna putih sebesar beras, dan air yang berada di sekitar gelembung udara juga berwarna putih keruh seperti air beras, namun setelah membaur dengan air yang ada menjadi jernih. Hal ini hanya bisa terlihat ketika musim kemarau karena volume airnya sedikit dan jernih sehingga gelembung air kelihatan, sedang di musim hujan air terlalu banyak dan cenderungkeruh.

Karena sumbernya mengeluarkan gelembung yang berbentuk seperti beras dan sebesar butiran beras, maka hal tersebut dulu banyak yang bilang daerah Berasan atau Sumberberas, dengan maksud sumber yang mengeluarkan gelembung seperti beras. Air di sendang Sumberberas saat kemarau jika ditaruh ditangan kemudian dicium airnya berbau wangi seperti bau pandan. Ada yang bilang bahwa sebenarnya air banyuwangi itu ya di Sendang Sumberberas, dengan membuktikan bahwa air dari tempat bersejarah semacam itu jika dimasukkan ke dalam botol tidak berlumut, demikian juga yang dilakukan dengan mengambil air di sumber yang dipercayai sebagai sumber Banyuwangi dan air di sendang yang memang berbau wangi kemudian dimasukkan ke dalam botol, setelah beberapa hari air dari sumber yang dipercayai sebagai sumber Banyuwangi itu berlumut dan air yang dari Sendang
tidak. Ada yang bilang air sendang itu tidak kemana-mana, meskipun mengalir ke luar sendang untuk irigasi area persawahan disekitarnya namun ujung aliran akan kembali ke sendang lagi.

 

Ada yang bercerita dengan berdasar sesuai isi kitab Cethini bahwa di sendang Sumberberas dulu pernah dijadikan tempat pertemuan antara Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Syeh Siti Jenar dan Sabda Palon. Dan ada yang bercerita Sumberberas dulu adalah lumbung berasnya kerajaan Blambangan sehingga dikatakan sebagai Berasan atau Sumberberas, sedangkan Blambangan adalah lumbung beras dari kerajaan Majapahit.

Contact Details

  Alamat :   Jln. Raya Sidomulyo No.204 Desa Sumberberas
  Email : sumberberas01@gmail.com
  Telp. : 082247775876
  Instagram : desa_sumberberas
  Facebook : desasumberberas
  Twitter : DSumberberas


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi